Mencegah Demam Berdarah, Flu dan Diare

Seperti biasa setiap tahun diawali dengan musim hujan. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia curah hujannya sangat tinggi dan menyebabkan banjir, Jakarta pun tak luput dari banjir. Disamping banjir, beberapa penyakit juga akan tumbuh subur di musim hujan, beberapa diantaranya adalah flu / influenza, demam berdarah dan diare.

Berikut beberapa tips mudah agar terhindar dari penyakit-penyakit pada musim penghujan.

1. Mencegah demam berdarah
- usir nyamuk dengan obat anti nyamuk
- selalu menjaga kebersihan dengan cara membersihkan selokan, bak-bak air tadah hujan serta kamar mandi, membuang sampah pada tempatnya, menyiangi kebun untuk menghindari berkembang biaknya nyamuk aedes aegepti.

2. Mencegah flu
- karena sebagian virus flu menyebar lewat kontak langsung, jadi usahakan untuk mencuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun dan kalau bisa dengan air hangat. Usahakan untuk tidak terlalu sering menyentuh bagian muka, karena biasanya virus masuk ke tubuh kita melalui mata, hidung atau mulut.
- makan makanan bergizi, khususnya makanan yang mengandung Phytochemical (bahan kimia alami untuk menambah daya tahan tubuh yang terdapat pada sayur dan buah-buahan terutama yang segar dan berwarna hijau, kuning gelap, dan merah)

3. Mencegah diare
- kenakan alas kaki untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit yang masuk melalui kulit
- selalu menjaga kebersihan dengan cara membersihkan selokan terutama yang tersumbat dan biasanya meluap serta membawa parasit cacing dan amuba, membuang sampah pada tempatnya membiasakan untuk mencuci tangan dan kaki sesering mungkin.
- hindari membeli makanan minuman di sembarang tempat yang tidak terjamin kebersihannya
- sediakan oralit di rumah
- perbanyak minum vitamin dan asupan nutrisi untuk menjaga kondisi tubuh.

Semoga beberapa tips diatas dapat membantu, mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.