Membuat Parfum dari Kebun Sendiri

Dewasa ini banyak di tawarkan berbagai merek minyak wangi atau parfum. Dari produk dalam negeri yang murah sampai produk impor yang berharga jutaan rupiah. Namun, tidak semua produk wewangian aman buat manusia dan lingkungannya, hal ini dikarenakan adanya unsur-unsur kimia yang berbahaya yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti mutasi gen serta kematian pada hewan.

Bahkan Intitusi kesehatan lingkungan Amerika Serikat telah menggolongkan parfum sebagai polutan.

Anda sebenarnya juga bisa membuat parfum sendiri dengan bahan bunga-bunga wangi yang ada di kebun. Cara membuatnya cukup mudah. Berikut tahapan pembuatannya:

1. Pertama ambil bunga yang baunya paling anda suka. Sekitar 1,5 cangkir kuntum bunga, ini cukup untuk membuat parfum, pastikan bunga-bunganya bebas dari pestisida.
2. Cuci bunga-bunga itu, bersihkan dari kotoran yang melekat.
3. Masukkan 2 cangkir air suling ke dalam panci alumunium. Cara membuat air suling cukup mudah anda tinggal merebus air bersih dan kumpulkan uapnya. Uap itu yang akan berubah menjadi air suling.
4. Masukkan kuntum bunga ke dalam panci itu. Rebus dengan api kecil. Tidak perlu mematangkan bunga karena baunya akan hilang
5. Rebus sekitar 2 jam. Periksa berkali-kali agar air tidak mendidih.
6. Matikan kompor dan biarkan air rebusan bunga itu dingin.
7. Saring menggunakan kain tipis.
8. Simpan parfum buatan anda di dalam botol. Anda tinggal gunakan seperti biasa.

Semoga bermanfaat.


Sumber olah: Surya