Fenomena Film 2012 (Kiamat Sudah Dekat)

Film 2012 tentang hari kiamat tengah menjadi buah bibir di seluruh dunia. Film yang katanya didasarkan sistem kalender suku Maya menuai reaksi yang luar biasa. Menurut kalender suku maya, 1992-2012 akan menjadi tahun-tahun pemurnian total planet bumi hingga akhir peradaban manusia benar-benar berakhir pada 21 Desember 2012.

Film 2012 diangkat dari buku Mistery of 2012: Predictions, Prophecies & Posibilities yang disusun Gregg Braden. Buku yang terdiri atas 25 tulisan ilmiah, wawancara, dan eksplorasi sejumlah peneliti ini mencoba mengintepretasikan siklus besar kalender suku Maya menjadi penemuan baru. Braden mengeksplorasikan bahwa pada 2012 akan terjadi pembalikan kutub magnetik bumi yang bisa mengakibatkan badai hebat. Dia menarik kesimpulan itu berdasarkan teori kuantum yang memang menjadi kompetensinya.

Dalam filmnya, 2012 berkisah tentang seorang tokoh ilmuwan muda Adrian Helmsley (dalam film 2012 diperankan oleh aktor Chiwetel Ejiofor) menemukan fakta bahwa matahari akan meledak dan inti bumi akan mencapai suhu yang paling panas. Akibatnya, perlahan tapi pasti, di 2012 nanti bumi akan retak, jalan-jalan akan terbelah, gempa dahsyat bakal mengguncang dan puncaknya stunami raksasa akan meluluhlantakkan bumi.


Sumber olah: made ayu nita T.D (kompas)