Penyebab rambut tidak sehat

Rambut merupakan anugrah. Namun keindahannya sering terusik oleh ketombe atau kerontokan. Akibatnya rambut menjadi rusak dam tidak sehat.

Ketombe merupakan sel epidermis yang mati dan mengelupas yang bentuknya mirip sisik. Penyebabnya sejenis jamur (Pityosparum ovale) yang muncul di kulit kepala.

Ketombe kian parah jika kita memakai produk penataan rambut secara berlebihan, seperti hairspray, gel, atau minyak rambu, termasuk cuaca dingin dan perubahan cuaca. Selain itu, pemakaian tutup kepala dalam waktu lama dan penggunaan shampoo yang tidak sesuai dengan jenis dan kepekaan kulit juga memperparah ketombe.

Rambut memiliki siklus pertumbuhan dan kerontokan. Setelah mencapai usia tertentu, rambut akan rontok. Bila siklus tidak seimbang, penipisan ini akan terjadi.

Dari faktor genetik dimulai setelah masa puber, biasanya sebelum usia 40 tahun. Pada pria, penipisan rambut ditandai semakin mundurnya garis batas rambut dari daerah dahi ke puncak kepala. Sedang kerontokan pada wanita umumnya pada bagian atas kepala. Diet ketat dengan pola makan yang salah juga menjadi penyebab kerontokan dari sisi nutrisi. Hal ini akibat ketidakseimbangan asupan protein, vitamin, dan mineral.

Faktor spikis, seperti stres, turut memicu kerontokan. Bila kita stres, sekitar 10-15 persen folikel rambut yang sedang tumbuh tiba-tiba masuk dalam tahap diam (derman). Kerontokan juga dapat disebabkan karena hormon yang tidak seimbang akibat peristiwa traumatik, seperti setelah melahirkan atau minum obat tertentu.